1.1.A.9. KONEKSI ANTAR MATERI - KESIMPULAN DAN REFLEKSI PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA
Tinjau kembali tugas personal kerangka pembelajaran yang telah dikembangkan pada fase Ruang Kolaborasi, Refleksi Terbimbing, Demonstrasi Kontekstual, dan Elaborasi Pemahaman.
Buatlah sebuah kesimpulan dan penjelasan mengenai pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang Anda pelajari dalam modul ini.
Buatlah sebuah refleksi dari pengetahuan dan pengalaman baru yang Anda peroleh dalam modul ini dan perubahan diri yang yang Andal alami dan akan Anda praktekan di sekolah dan kelas Anda.
Ceritakan (konstruksikan kembali) proses pembelajaran dan suasana kelas yang mencerminkan pemikiran KH Dewantara secara konkret sesuai dengan konteks lokal sosial budaya di kelas dan sekolah Anda.
Kesimpulan dan refleksi disajikan dalam bentuk media informasi. Format media dapat disesuaikan dengan minat dan kreativitas Anda. Contoh media yang dapat dibuat: artikel, ilustrasi, grafik, video, rekaman audio, presentasi infografis, artikel dalam blog, dan lainnya
Bacalah pertanyaan-pertanyaan panduan berikut untuk membantu Anda membuat kaitan tersebut.
1. Apa yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul 1.1?
2. Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini
3. Apa yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD?
Unggahlah media informasi yang telah dibuat pada kegiatan ini.
Saya berfikir bahwa murid saya kurang
mampu menangkap makna dari materi pelajaran yang saya sampaikan di kelas. Saya
juga berfikir bahwa murid saya kurang disiplin selama kegiatan belajar di kelas
berlangsung. Saya menemukan sebagian murid saya tidak mengerjakan tugas yang
saya berikan. Dan diantara mereka yang lain, ada yang menjawab pertanyaan soal
yang saya berikan dengan jawaban yang tidak sesuai dengan apa yang saya
harapkan. Bahkan saat pelajaran sedang berlangsung, ada murid saya yang
berperilaku kurang sopan. Saya sudah berusaha menggunakan metode Blanded
Learning dalam pembelajaran. Namun hasilnya belum maksimal. Karena saya tidak
pernah menggali terlebih dahulu latar belakang budaya murid saya.
Setelah mempelajari modul 1.1 ini, saya mejadi mengerti bahwa setiap
murid memiliki kodrat alam dan kodrat zaman. Saya harus memahami terlebih
dahulu kedua kodrat tersebut pada diri murid-murid saya. Saya harus lebih
mengenali latar belakang keluarga dan budaya murid saya. Saya harus memberikan
kesempatan lebih luas lagi kepada murid saya untuk berkarya. Saya harus
menghadirkan Merdeka Belajar bagi murid saya di kelas. Sebagai pendidik, saya
hanya berperan membimbing dan mengarahkan, sedangkan murid harus tumbuh sesuai
minat bakatnya.
Hal-hal yang bisa segera saya terapkan lebih
baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD adalah saya akan memposisikan
diri saya sebagai penuntun minat bakat murid saya dengan cara lebih mengenali
latar belakang kondisi murid saya. Saya harus lebih ramah dan menjalin
komunikasi yang baik kepada mereka, agar mereka merasa nyaman dan dapat tumbuh
kodratnya secara maksimal. Saya juga harus memotivasi murid saya agar lebih
percaya diri dalam hal-hal positif yang bermanfaat bagi mereka.
Komentar
Posting Komentar